Dewi Oktavia’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Stress??

Kiat Mengatasi Stres

BANYAK orang tidak menyadari dirinya tertimpa stres. Jangan sepelekan, akan berbahaya bagi kesehatan. Apakah anda salah satunya? Kata stres biasa digunakan untuk mengartikan reaksi seseorang dalam menghadapi suatu masalah. Stres bisa timbul karena hal-hal sepele, misalnya terjebak keadaan macet. Kejadian lebih serius dapat mengubah hidup seseorang, misalnya kematian orang terdekat atau orang tercinta.
Stres sebenarnya positif bagi anda, asalkan dalam porsi sedang-sedang saja, karena bisa membangkitkan sistem kekebalan dan mengasah otak. Sedangkan stres berat dapat menyebabkan rentan penyakit. Stres dapat memicu penyakit maag, darah tinggi, asma, dan migren. Hasil penelitian terbaru menunjukan bahwa stres berat bisa memperburuk penyakit degeneratif kronis yaitu penyakit yang menyerang fungsi organ atau jaringan tubuh seperti penyakit rematik. Sementara stres yang tersembunyi akan lebih berbahaya bagi kesehatan karena anda tidak menyadari adanya masalah.
Stres yang berlebihan bisa membuat kita tidak menyadari kehadiran stres itu sendiri. Beberapa gejala yang mencirikan tingkat stres yang tinggi :

1. Mengencangkan kedua rahang disertai rasa kesal.
2. Migren atau ketegangan yang mengakibatkan sakit kepala.
3. Susah tidur di malam hari mengalami mimpi buruk, resah disaat tidur.
4. Cemas.
5. Sakit leher, belakang atau pundak.
6. Gangguan fungsi seksual.
7. Kelelahan yang berkelanjutan.
8. Gangguan kulit seperti kulit kering dan mengelupas.
9. Keringat yang berlebihan.
10. Susah konsentrasi.
11. Sering terserang flu.
12. Gangguan koordinasi antara pikiran dan gerak.
13. Kelakuan yang menjengkelkan.
14. Susah berbicara.

Cobalah tips dibawah ini untuk membantu anda menjalani hidup dengan pikiran sehat. Dengan berpikir sehat, anda bisa mengatasi stres lebih efektif.

Tip menghilangkan stres :

1. Olah raga secara teratur, hilangkan ketegangan dengan aktivitas-aktivitas poisitif seperti jalan kaki, main tenis atau berkebun.
2. Tidur cukup dan teratur. Waktu istirahat yang cukup akan memberi kesegaran dan membuat anda loebih energik.
3. Belajar dan berlatih relaksasi, seperti tarik napas panjang dan relaksasi otot yang teratur.
4. Pertahankan diet yang seimbang dan teratur.
5. Cintailah diri Anda, perhatikan kebutuhan anda, dan maafkan kesalahan Anda.
6. Kerjakan dan selesaikan masalah anda satu persatu, tentukan yang mana yang diprioritaskan. Jangan mengharapkan sesuatu secara berlebihan.
7. Belajar menerima apa yang tidak mungkin dapat diubah oleh manusia.
8. Kemukakan masalahnya: bicarakan dengan teman dekat atau seorang ahli/konselor. Orang lain mungkin bisa melihat masalah anda dari aspek yang berbeda dan dapat menyarankan solusi atau jalan keluar yang tepat.
9. Belajar lebih rilek: luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang anda sukai.
10. Cobalah sesuatu yang baru, misalnya makan ditempat baru atau mengunjungi tempat bersuasana baru.
11. Luangkan waktu untuk diri sendiri. Cari tempat dan waktu di mana anda bisa mendapatkan ketenangan dan privacy.

Hindari penggunaan drug atau alkohol sebagai alat untuk menghilangkan stres, sebab keduanya tidak menyelesaikan masalah penyebab stres melainkan hanya melupakan sementara, bahkan akan menjadi masalah/stres baru.

(Sumber: Health Today, edisi April 2000)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: